Super Lezat !! Inilah 6 Makanan Tradisional Berkuah Khas Jawa Tengah Dijamin Bikin Nagih

 

Jawa tengah dikenal keanekaragaman budayanya dan tak luput terdapat beragam aneka makanan khas yang memiliki citra rasa gurih, pedas dan manis. Dipadu dengan bawang putih yang menambah citra rasa gurih ditambah racikan rempah-rempah, Sejumlah makanan khas berasal dari Jawa Tengah ini dikenal masyarakatnya yang tak terlalu menyukai pedas, Tempe Bacem misalnya.


Bagi pecinta kuliner wajib mencicipi beragam makanan khas jawa tengah dengan mencoba memasukkan daftar makanan berkuah khas jawa tengah yang tentunya pasti bikin nagih.

Berikut ini daftar makanan khas jawa tengah berkuah yang wajib Anda coba ;

 

1. Mangut Nila

Mangut merupakan menu makanan yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah yang memiliki citra rasa gurih yang berasal dari santan, asam, pedas dan manis. Biasanya mangut dihidangkan dengan berbagai jenis ikan seperti ; Ikan Pe, Ikan lele, dan Ikan Nila.


2. Mie Ongklok

Jika Anda pergi ke Wonosobo tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Mie Ongklok Wonosobo yang populer karena memiliki citra rasa gurih, sedap dan segar. Mie Ongklok terdiri dari ; Mie kuning bulat, kembang kol, kucai. Untuk kuah pada mie ongklok biasanya tak lupa kehadiran kaldu ayamnya yang membuat citra rasa mie ongklok ini terasa begitu gurih dan nikmat.


3. Sroto Sokaraja

Jika di Jakarta Soto Ayam menjadi hidangan makanan favorit, Banyumas memiliki Sroto Sokaraja yang menjadi makanan yang wajib dicicipi. Sama seperti Soto Ayam, Sroto Sokaraja memiliki isian berupa daging sapi dengan kuah bening yang dicampur sambal kacang, Namun perbedaannya adalah, Kurang lezat rasanya jika sroto sokaraja tidak ditemani oleh tempe mendoan dan cabai rawit.

 

4. Soto Kudus

Soto Kudus merupakan makanan berkuah khas Jawa Tengah tepatnya berasal dari Kudus. Berbeda dengan sroto maupun jenis soto lainnya yang menggunakan daging sapi atau ayam sebagai isian utamanya, Soto kudus menggunakan daging kerbau karena pada zaman dulu masyarakat Kudus menghormati sesama warganya yang beragama Hindu dengan cara tidak mengonsumsi daging sapi. Sedangkan untuk rasanya Aroma dari Soto Kudus lebih menyengat dan menggugah selera ditambah kuahnya yang nendang wajib untuk Anda cicipi.

 

5. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang sebagai pilihan makanan berkuah khas Jawa Tengah yang wajib Anda Cicipi. Grombyang berasal dari kata " Bergoyang " dengan perpaduan nasi, irisan daging kerbau, daun bawang serta bumbu rempah yang menyatu ke dalam kuah kaldu, membuat nasi grombyang kian diburu oleh pecinta kuliner.

 

6. Brongkos

Brongkos sebagai makanan berkuah khas Yogyakarta yang memiliki keunikan dengan kuahnya yang lebih encer dari Soto Kudus. Brongkos terdiri dari ; Daging sapi, Kacang tolo dan tahu sebagai isiannya ditambah bawang goreng dan kerupuk kulit semakin meningkatkan citra rasa dari brongkos.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Super Lezat !! Inilah 6 Makanan Tradisional Berkuah Khas Jawa Tengah Dijamin Bikin Nagih"

Posting Komentar